Mari Singgah di Dream and Walk

Salam Sahabat semua,

Halo para Dreamer dan Walker semua,

Welcome, selamat datang, selamat singgah di Rumah kami… 🙂

Rumah ini berisi tulisan-tulisan sederhana kami dalam semangat bermimpi dan perjalanan mengejarnya. Bermimpi dengan cita-cita, berjalan, dan berkarya untuk bisa menebar manfaat-manfaat kecil. Berkarya melalui tulisan menjadi salah satu cita-cita kami karena melalui tulisan kita dapat meninggalkan warisan yang kekal sepanjang zaman.

Buku pada meja pengunjung di sebuah tempat kuliner di Pekanbaru

Perkembangan literasi akhir waktu ini seperti turunnya air terjun di sebuah tebing terutama menulis dan membaca. Lajunya gerak informasi yang ditopang oleh berbagai media dengan berbagai covernya menjadikan kita lebih nyaman berlama-lama dengan gawai di tangan jika dibanding memegang sebuah buku atau mencoretkan pena dengan jangka waktu yang sama. Jikalau gawai itu kita gunakan untuk membaca atau menulis tentu bagus. Tetapi sebuah hasil riset yang menunjukan peringkat membaca Negeri kita membuat kita lebih dari cukup untuk terkejut. Dari 61 Negara yang dijadikan penelitian Negeri kita mendapat nomor 60 :-‘( Maka harusnya ini menjadi bahan kita berbenah untuk bertumbuh menjadi lebih baik. Dengan rendahnya minat baca kita maka secara tidak langsung akan bergaris lurus dengan rendahnya pula minat kita untuk menulis.

Bagi kami pribadi, personal yang rajin menulis memiliki tingkat kecerdasan dengan level yang berbeda. Terlebih bagi yang inspirasi menulisnya dari pengalaman dan perjalanan hidup yang sudah dilaluinya. Beberapa orang yang kami ikuti tulisannya memilik prestasi akademik yang luar biasa. Ada Mas Ario yang baru menyelesaikan PhD nya dan sekarang lanjut Post-Doc di Bristol Inggris biasa menulis di blognya dan sudah menulis beberapa buku dari hobinya menulis, ada Kang Hasan Doktor lulusan Jepang cukup intens menulis di beranda mukabukunya walau kadang tulisan beliau sering menggelitik akal yang juga sudah menerbitkan beberapa buku, ada Prof. Oki Muraza anak rantau minang yang kini menetap di Tanah Arab yang banyak menulis tentang perkembangan bahan bakar minyak yang dihubungkan dengan alam Indonesia yang juga sudah menerbitkan sebuah buku. Mereka menulis dengan tema-tema yang agak serius 😀 Tulisan-tulisan yang lebih santai tentang kunjungan ke berbagai tempat biasa kami lihat di Bacpackstory-nya Mas Ariev Rahman, Catperku-nya Mas Rijal Fahmi, atau Mirwans-nya Kak Choky yang berdomisili di Kota yang sama dengan kami. Beberapa orang tersebut adalah mereka yang menyempatkan menulis di sela-sela aktivitas pekerjannya bahkan saat-saat mereka sedang traveling dan sekaligus kami yakin adalah orang yang juga suka membaca. Prestasi mereka tidak perlu dipertanyakan lagi dari berbagai tulisan atau karya yang mereka hasilkan. Kami membayangkan jika para Profesor, Doktor, dan para ahli dengan berbagai bidang banyak menulis ilmunya alangkah kaya dan sehatnya informasi yang bependar di sekitaran kita.

Mengambil semangat mereka yang  menyukai literasi itu, dengan itulah Dream and Walk ada. Sebuah kumpulan catatan dan cerita tentang mimpi, cita-cita, khayalan, perjuangan, perjalanan, petualangan kami. Kami juga mau ambil bagian meninggalkan warisan jejak berupa tulisan yang bermanfaat. Mari Singgah selalu ke rumah kami…

Silahkan Kesan dan Pesannya...